Puting Payudara Sakit Saat Mennyusui? Inilah Penyebabnya

Puting Payudara Sakit Saat Menyusui Inilah Penyebabnya - Payudarakusehat.com,- Rasa sakit yang terjadi dibagian puting merupakan suatu kondisi yang umumnya akan dirasakan oleh seorang ibu yang mulai menyusui bayinya. Biasanya rasa sakit ini terjadi pada seminggu awal pemberian ASI. Rasa sakit ketika menyusui ini terbilang nomal. Namun jika terjadi dalam waktu yang cukup lama, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

puting payudara sakit saat menyusui

Puting Payudara Sakit Saat Menyusui

Puting payudara sakit sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Berbagai masalah saat menyusui pun bisa menyebabkan terjadinya rasa sakit di bagian puting payudara. MIsalnya saja ketika Anda tidak menyusui dengan baik atau puting Anda terlalu jauh dari bayi sehingga menyebabkan bayi menarik puting Anda ke dalam mulutnya.

Selain itu, ada sejumlah penyebab lain yang dapat membuat puting payudara sakit, seperti :

Mastitis

Mastitis atau peradangan pada payudara bisa terjadi jika aliran susu tidak berjalan dengan lancar ketika ibu menyusui. Saat hal ini terjadi, para ibu akan merasakan rasa sakit atau bengkak pada puting susu atau di sekitar payudara. Kulit payudara pun akan tampak bengkak dan kemerahan.

Untuk mengatasi hal ini, Anda hanya perlu memastikan bahwa bayi Anda menyusui dengan baik. Pastikan Anda lebih sering menyusui bayi Anda dan susuilah bayi dengan payudara yang terasa sakit.

Jika payudara masih terasa penuh meski telah menyusui, Anda bisa memerasnya dengan menggunakan tangan. Selain itu sebelum menyusui, Anda juga dapat mengompres payudara dengan air hangat.

Jika rasa nyeri terus terasa selama lebih dari 1 hari meski telah melakukan hal-hal di atas, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter.

Abses payudara

Abses payudara terjadi karena akumulasi nanah di payudara. Peradangan pada payudara ini diakibatkan oleh infeksi bakteri. Selain itu, abses payudara juga bisa terjadi karena terhambatnya saluran susu.

Selain menyebabkan puting payudara sakit, abses payudara juga menimbulkan sejumlah gejala lain seperti terjadinya pembengkakan dan rasa panas di dekat puting payudara.

Perubahan Hormon

Bisa dibilang, puting payudara sakit merupakan hal yang biasa dirasakan oleh wanita. Biasanya kondisi ini terjadi saat pramenstruasi. Kondisi puting payudara sakit sendiri umumnya disebabkan oleh perubahan pada kadar hormon estrogen dan progesteron.

Hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika rasa sakit terjadi secara berkepanjangan, maka jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Selain terjadi saat pramenstruasi, rasa nyeri di bagian puting yang diakibatkan perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron juga umumnya dirasakan oleh ibu hamil. Kondisi tersebut pun akan mulai terasa ketika kehamilan memasuki usia 6-8 minggu.

Untuk meredakan tekanan dan rasa sakit tersebut, Anda bisa menggunakan bra dengan ukuran yang tepat. Selain itu, pilihlah bra yang nyaman dan terbuat dari katun.