Perawatan Kanker Payudara - Pengobatan dan Pencegahan

Perawatan Kanker Payudara, Pencegahan dan Pengobatan - Payudarakusehat.com,- Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang paling ditakuti wanita. Kanker ini muncul saat terjadi pertumbuhan dan perkembangan sel abnormal yang tidak terkendali di jaringan payudara. Kanker payudara sendiri merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak menyebabkan kematian di seluruh dunia.

perawatan kanker payudara

Perawatan kanker Payudara dan Pencegahan Kanker Payudara

Segeralah memeriksakan diri Anda ke dokter saat menemukan kondisi yang agak berbeda pada payudara Anda. Misalnya saja terjadi pembesaran di salah satu payudara, timbul benjolan di sekitar payudara ataupun  terasa nyeri di bagian puting susu yang terjadi secara terus menerus.

Sementara itu untuk menghindari kanker payudara, Anda bisa melakukan beberapa langkah pencegahan seperti :

  • Banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dan vitamin C
  • Menghindari makanan yang diasap atau diasinkan
  • Menghindari makanan yang banyak mengandung lemak
  • Berolahraga secara teratur
  • Check-up payudara secara teratur setelah memasuki usia 30 tahun

Perawatan dan Pengobatan Penyakit Kanker Payudara

Perawatan dan pengobatan penyakit kanker payudara yang kami bahas di bawah ini akan dilakukan berdasarkan type dan stadium kanker. 

  • Pembedahan

Pembedahan merupakan tindakan yang sangat tepat untuk mengobati kanker payudara yang telah diketahui sejak dini. Dengan melakukan pembedahan, maka dokter dapat mengangkat benjolan dan area kecil yang ada di sekitar benjolan tersebut. Dokter pun nantinya akan menggantikan bejolan yang telah diangkat dengan jaringan otot lain.

Secara garis besar, terdapat beberapa tindakan yang akan dilakukan ketika pembedahan, seperti :

  1. Radical Mastectomy

Operasi pengangkatan yang digunakan untuk mengangkat sebagian dari payudara ini biasanya diikuti dengan radioterapi. Umumnya operasi ini akan direkomendasikan pada penderita yang memiliki tumor dengan ukuran kurang dari 2 cm.

  1. Total Mastectomy

Total Mastectomy digunakan untuk mengangkat seluruh payudara.

  1. Modified Radical Mastectomy

Modified Radical Mastectomy merupakan operasi pengangkatan seluruh payudara berserta tulang belakang, tulang iga, jaringan payudara yang terdapat di tulang dada dan benjolan yang terdapat di sekitar ketiak.

  • Pengobatan Herceptin

Pengobatan Herceptin merupakan therapy biological yang sangat efektif untuk melawan HER2-positive pada penderita kanker payudara stadium II, stadium III dan stadium IV.

  • Radiotherapy

Radiotherapy merupakan proses penyinaran yang dilakukan pada daerah yang terserang kanker. Proses penyinaran ini akan menggunakan sinar X dan sinar gamma yang mampu membunuh sel kanker.

Radiotherapy sendiri memiiki efek samping yang sangat menganggu seperti melemahkan tubuh penderita, menghilangkan nafsu makan dan menurunkan Hb dan leukosit.

  • Kemoterapi

Kemoterapi adalah proses pemberian obat-obatan anti kanker yang bertunjuan untuk membunuh sel kanker. Obat yang digunakan bisa berbentuk kapsul, pil cair ataupun melalui infus.

Sama seperti radiotherapy, kemoterapi juga memiliki sejumlah efek samping seperti mual, muntah dan rambut rontok.