Penyebab Nyeri Payudara Atau Mastalgia dan Cara Mengatasinya

Penyebab Nyeri Payudara dan Solusi Meredakannya - Payudarakusehat.com,- Mastalgia atau nyeri pada payudara umumnya terasa di bagian atas payudara. Terkadang rasa nyeri ini juga bisa menjalar ke ketiak dan lengan. Jika Anda merasakan hal ini, maka Anda tidak perlu khawatir karena umumnya rasa nyeri ini bukan gejala dari kanker payudara.

penyebab nyeri payudara

Penyebab Nyeri Payudara Wanita

Rasa nyeri pada payudara ini umunya terasa menusuk dan disertai dengan payudara yang terasa mengencang. Mastalgia sendiri biasanya hanya terasa selama beberapa hari saja, yaitu sebelum atau selama haid. Tetapi terkadang, rasa nyerinya juga bisa berlangsung selama lebih dari satu minggu hingga satu bulan.

Ada sejumlah faktor yang dapat memicu terjadinya mastalgia, seperti :

Mastitis

Infeksi pada saluran payudara ini sering kali dialami oleh wanita menyusui. Saat wanita mengalami kondisi ini, payudara mereka akan terasa sakit dan bengkak.

Siklus menstruasi

Siklus menstruasi juga dapat meyebabkan timbulnya rasa nyeri pada payudara. Kondisi ini umumnya terjadi tiga hari sebelum wanita menstruasi. Namun setelah menstruasi selesai, maka kondisinya pun akan membaik.

Benjolan

Benjolan yang muncul di payudara umumnya tidak bersifat kanker. Meski demikian, benjolan tersebut mampu memicu timbulanya rasa nyeri.

Abses payudara

Abses payudara terbentuk akibat kumpulan nanah yang terdapat di dalam payudara.

Obat-obatan

Sejumlah obat anti depresi, antipsikotik dan anti jamur bisa menimbulkan rasa sakit di bagian payudara.

Ukuran payudara

Wanita dengan ukuran payudara besar mungkin mengalami nyeri pada payudara dan rasa nyerinya bisa sampai ke leher, bahu dan punggung.

Ketidakseimbangan asam lemak dalam tubuh

Ketidakseimbangan asam lemak dapat mempengaruhi sirkulasi hormon dan sensitivitas jaringan payudara.

Operasi payudara

Pada sebagian wanita, rasa nyeri akibat operasi payudara bisa dirasakan dalam waktu yang lebih lama.

Selain hal-hal yang kami sebutkan di atas, ada hal lain yang dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada payudara Anda. Salah satunya adalah cedera pada otot yang berada di sekitar dada Anda.

Rasa nyeri ini umumya akan hilang tanpa pengobatan apapun setelah tiga siklus haid. Meski demikian, terkadang rasa nyeri ini bisa kambuh kembali.

Untuk meringankan rasa nyeri tersebut, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini.

  • Menggunakan bra yang sesuai ukuran payudara Anda.
  • Mengurangi makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi.
  • Berhenti merokok.
  • Mengurangi asupan kafein.

Selain itu, rasa nyerinya juga dapat diredakan dengan kompres air hangat atau air dingin.

Jika rasa nyerinya masih terasa mengganggu meski telah melakukan hal-hal di atas, Anda bisa mengonsumsi aspirin, ibuprofen atau parasetamol untuk meringankan rasa nyeri tersebut. Namun jika Anda adalah wanita yang masih berusia di bawah 20 tahun, ada baiknya Anda tidak mengonsumsi aspirin. Ini karena aspirin mampu meningkatkan risiko terserang Reye’s syndrome.