Penyebab Benjolan di Payudara Selain Karena Kanker

Penyebab Benjolan di Payudara - Payudarakusehat.com,- Benjolan di payudara memang identik dengan kanker payudara. Namun munculnya benjolan tersebut juga bisa disebabkan oleh hal lain. Terkadang benjolan di area payudara sendiri terasa sakit saat disentuh. Tetapi terkadang benjolan yang muncul juga tidak terasa sakit.

penyebab benjolan payudara

Penyebab Benjolan di Payudara Selain Kanker

Jika Anda ingin menghindari kondisi ini, maka ada baiknya Anda mengenal jaringan payudara Anda. Selain itu, kenali pula bentuk normalnya. Setelah itu, Anda bisa mempelajari penyebab benjolan di payudara wanita yang kami bahas di bawah ini.

Fibroadenosis

Fibroadenosis merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sejumlah masalah yang mempengaruhi payudara Anda. Umumnya masalah-masalah tersebut merupakan masalah yang tidak terlalu serius.

Fibroadenosis sendiri bisa berkembang baik di salah satu ataupun kedua payudara. Gejalanya cukup bervariasi, tergantung dari ukuran dan kepadatan payudara penderita.

Namun ada sejumlah gejala umum yang biasanya akan dirasakan oleh penderita, seperti ukuran payudara yang meningkat dan timbulnya benjolan di payudara. Benjolan yang disebabkan fibroadenosis sendiri akan muncul baik sebelum ataupun selama menstruasi.

Gejala-gejala yang muncul, termasuk rasa sakit dan benjolan ketika datang bulan merupakan akibat dari perubahan hormonal yang terjadi selama siklus menstruasi.

Fibroadenoma

Salah satu penyebab benjolan di payudara ini bisa dibilang merupakam masalah umum yang sering dialami wanita muda. Benjolan akibat fibroadenoma sebenarnya dapat menghilang dengan sendirinya. Tetapi pada sejumlah kasus, benjolan tersebut bisa menetap hingga tumbuh dan membesar. Hal ini umunya terjadi saat wanita dalam masa kehamilan.

Fibroadenoma menimbulkan benjolan yang terasa halus di payudara. Bentuknya bulat dan terkadang berkembang di luar saluran susu. Mereka yang mengalami gejala fibroadenoma pun akan merasakan adanya sesuatu yang bergerak di dalam payudara mereka.

Kista payudara

Kista payudara umumya menyerang wanita dengan rentang usia 30 tahun hingga 60 tahun. Kista sendiri akan menimbulkan kantung yang berisi cairan di dalam jaringan payudara. Kantung ini pun akan berkembang sehingga menyebabkan timbulnya benjolan halus yang terus berkembang.

Abses payudara

Abses payudara merupakan peradangan dan akumulasi nanah yang terjadi di payudara. Kondisi ini umumya disebabkan oleh infeksi bakteri yang masuk ke dalam payudara melalui retakan kecil.

Pada sejumlah kasus, abses payudara merupakan tanda atau gejala dari kanker payudara. Kondisi ini sebenarnya jarang terjadi, namun Anda masih tetap harus waspada. Jika ditemukan benjolan pada payudara yang disebabkan oleh abses payudara, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Gumpalan darah

Gumpalan darah juga bisa menjadi penyebab benjolan di payudara. Pembekuan darah yang terjadi di dalam pembuluh darah yang terdapat di bawah kulit akan menimbulkan goresan yang menonjol, mirip dengan benjolan akibat hal lain yang kami sebutkan di atas. Benjolan yag terjadi akibat gumpalan darah sendiri umumnya terasa sakit ketika diraba atau ditekan.