Penyakit Yang Menyerang Payudara Wanita Selain Kanker

Penyakit Yang Menyerang Payudara Wanita - Payudarakusehat.com,- Jika berbicara mengenai penyakit yang menyerang payudara, maka pikiran Anda pastinya akan melayang pada penyakit yang sering menyerang kaum wanita, yaitu kanker payudara. Tidak heran, karena kanker ini merupakan salah satu kanker yang paling banyak terjadi.

Namun ternyata, selain kanker payudara ada sejumlah penyakit lain yang dapat menyerang payudara. Penyakit-penyakit tersebut cukup bervariasi, mulai dari penyakit yang tidak terlalu mematikan hingga yang dapat menyebabkan kematian.

penyakit yang menyerang payudara

Penyakit Yang Menyerang Payudara Wanita Selain Kanker

Nah, melalui artikel ini, kami akan membantu Anda untuk mengenali beberapa penyakit yang kemungkinan besar dapat menyerang payudara Anda. Dengan begitu, Anda dapat melakukan pemeriksaan dini sebelum penyakit tersebut berkembang ke tahap yang lebih berbahaya.

Beberapa penyakit yang dapat menyerang payudara adalah :

  • Kista

Kista merupakan tumor jinak yang berisi cairan kental. Saat payudara terserang tumor ini, maka akan timbul benjolan yang berbentuk bundar di sekitar payudara. Benjolan yang dapat bergerak ini pun akan terasa lembut saat disentuh.

Kista sendiri bisa menyerang wanita dari berbagai usia. Kista pun biasanya akan membesar saat wanita mengalami perubahan pada hormon dalam tubuhnya ketika menstruasi. Tentu saja, kondisi ini akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada para penderitanya.

  • Fibrosis

Fibrosis merupakan suatu kondisi dimana terjadi pertumbuhan jaringan yang tidak normal di dalam tubuh seseorang. Kondisi ini akan menimbulkan benjolan kecil di payuidara.

Umunya, benjolan yang diakibatkan oleh fibrosis akan terasa keras, padat dan kenyal saat disentuh. Meski tidak akan meningkatkan risiko terjangkit kanker payudara, kondisi yang dapat menyerang wanita yang berusia 20 hingga 50 tahun ini akan tetap terasa mengganggu.

  • Fibroadenoma

Salah satu ciri dari penyakit yang menyerang payudara adalah munculnya benjolan di sekitar bagian tubuh tersebut.

Namun saat menemukan benjolan di sekitar payudara, Anda sebenarnya tidak perlu merasa khawatir. Ini karena benjolan-benjolan yang muncul di sekitar payudara wanita kebanyakan disebabkan oleh fibroadenoma. Umumnya penyakit ini lebih banyak menyerang para wanita yang berusia 20 hingga 30 tahun.

Fibroadenoma sendiri merupakan tumor jinak yang sama sekali tidak bersifat kanker. Tumor ini pun memiliki ciri yang dapat dikenali dengan mudah. Bentuknya tampak bundar dan memiliki tepian tumor yang jelas. Selain itu, benjolan yang disebabkan fibroadenoma juga bertesktur agak keras atau kenyal.

Umumnya, wanita yang menderita fibroadenoma lebih memilih untuk melakukan operasi. Proses pengobatan ini dilakukan untuk mengangkat tumor tersebut. Tetapi sebenarnya tanpa operasi pun, fibroadenoma juga dapat menghilang dengan sendirinya.

  • Mastitis

Mastitis atau peradangan payudara akan ditandai dengan timbulnya rasa sakit pada payudara. Selain itu, penyakit yang menyerang payudara ini juga akan membuat payudara tampak merah dan hangat saat disentuh. Mastitis sendiri biasanya terjadi akibat infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke saluran payudara.