Payudara Sakit Saat Menyusui? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Payudara Sakit Saat Menyusui - Payudarakusehat.com,- Rasa nyeri pada payudara merupakan salah satu masalah yang sering dirasakan oleh ibu menyusui. Kondisi ini cukup menggangu sehingga ada sejumlah wanita yang merasa enggan untuk menyusui bayinya. Payudara sakit saat menyusui sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti :

payudara sakit saat menyusui

Payudara Sakit Saat Menyusui Inilah Penyebabnya

Tongue-tie

Tongue-tie merupakan suatu kelainan bawaan yang terjadi pada organ mulut bayi. Kondisi ini menyebabkan bayi kesulitan untuk menggerakan mulut dan lidahnya dengan baik sehingga tidak mampu menyedot ASI secara maksimal.

Produksi ASI yang terlalu banyak

Jika ibu menyusui memproduksi ASI yang terlalu banyak, maka hal ini dapat menimbulkan rasa nyeri pada payudaranya. Tetapi jika bayi Anda bisa menyusui dengan baik, maka hal ini bukanlah masalah. Rasa sakitnya pun akan memudar dengan sendirinya.

Terjadi pembengkakan pada payudara

Payudara sakit saat menyusui bisa terjadi karena adanya pembengkakan di payudara. Kondisi ini terjadi akibat derasnya aliran darah dan ASI yang mengalir ke payudara.

Rasa nyeri yang terjadi akibat pembengkakan di payudara umumnya akan disertai dengan gejala lain seperti payudara terlihat memerah, mengkilat dan terasa panas.

Eksim

Eksim merupakan salah satu penyebab umum dari kondisi payudara sakit saat menyusui. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh penggunaan krim, lotion atau sabun. Selain itu, eksim pada payudara sendiri bisa terjadi karena terkena kaporit saat Anda berenang di kolam renang.

Infeksi jamur

Jika bayi Anda terserang infeksi jamur, maka jamur yang terdapat di dalam mulutnya pun bisa masuk ke saluran susu ketika Anda menyusui bayi Anda. Saat saluran susu terinfeksi oleh jamur tersebut, maka payudara Anda akan terasa nyeri.

Mastitis

Mastitis juga merupakan masalah umum yang biasanya menyerang ibu menyusui. Peradangan pada jaringan payudara ini dapat membuat payudara mengalami bengkak. Payudara pun akan terasa nyeri dan tampak kemerahan.

Bayi tumbuh gigi

Saat gigi bayi mulai tumbuh, gusinya akan berubah dan menjadi lunak. Gusi yang juga terasa nyeri akibat kondisi ini akan mengubah cara bayi dalam menyusu. Pada kondisi ini, si kecil terkadang akan menggigit puting Anda. Hasilnya, Anda pun akan merasakan rasa nyeri pada puting dan payudara Anda.

Untuk mengatasi payudara sakit saat menyusui, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut :

  • Mengeringkan puting sebelum mengenakan bra
  • Memakai bra yang berbahan katun dengan ukuran yang longgar
  • Membersihkan puting dan area disekitarnya dada dengan memakai air
  • Berkonsultasi dengan dokter saat bayi terserang infeksi jamur
  • Menggunakan posisi yang nyaman saat menyusui

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa meredakan payudara sakit saat menyusui dengan cara mengompres payudara. Cobalah mengompres payudara Anda dengan menggunakan handuk hangat sebelum menyusui bayi Anda. Dengan begitu, ASI akan mengalir dengan lancar. Setelah selesai menyusui, Anda pun bisa mengompres kembali payudara Anda dengan menggunakan daun kubis putih atau handuk dingin.