Cara Mengatasi Payudara Sakit Saat Hamil

Cara Mengatasi Payudara Sakit Saat Hamil - Payudarakusehat.com,- Di masa kehamilan, tubuh wanita akan mengalami perubahan, termasuk bagian payudaranya. Sejumlah hormon pun berperan penting dalam perubahaan yang terjadi pada jaringan payudara dan meningkatnya aliran darah pada area tersebut. Kondisi ini membuat payudara wanita yang sedang mengandung menjadi lebih sensitif dan terasaa nyeri.

cara mengatasi payudara sakit saat hamil

Cara Mengatasi Payudara Sakit Saat Hamil

Saat Anda hamil, produksi hormon estrogen dan progesteron akan meningkat. Ini terjadi karena kedua hormon tersebut memang dipersiapkan oleh tubuh wanita untuk tumbuh kembang bayi yang berada di dalam kandungan.

Payudara sakit saat hamil sendiri dipercaya sebagai efek samping dari peningkatan jumlah kedua hormon tersebut di dalam tubuh. Alasanya, hormon estrogen dan progesteron menjadi penyebab dari timbulnya rasa nyeri pada wanita yang akan mengalami menstruasi. Kondisi tersebut terbilang mirip dengan kondisi yang akan dirasakan wanita ketika memasuki masa kehamilan. Hanya saja rasa nyeri yang ditimbulkan estrogen dan progesteron ini akan terasa lebih parah.

Pada masa kehamilan, estrogen dan progesteron sendiri akan bertugas untuk mempersiapkan payudara Anda. Dengan begitu, Anda pun akan lebih siap untuk laktasi atau proses menyusui bayi. Namun seperti yang disebutkan di atas, payudara akan menjadi lebih sensitif, terutama di bagian puting. Hal ini disebabkan oleh terjadinya peregangan dan pembesaran saluran susu ketika proses pengisian susu yang terjadi di awal kehamilan.

Rasa sakitnya akan terasa cukup menganggu. Bahkan, rasa sakit tersebut akan terasa tidak tertahankan meski hanya bergesekan dengan pakaian yang Anda kenakan.

 

Cara Mengatasi Payudara Sakit Saat Hamil

Untuk meredakan payudara sakit saat hamil, Anda bisa melakukan tips-tips berikut.

  • Gantilah bra yang biasa Anda kenakan sehari-hari dengan bra yang lebih nyaman karena pada masa kehamilan ini, kondisi payudara telah mengalami perubahan.
  • Hindarilah bra berkawat karena bra ini akan terasa kurang nyaman jika dikenakan saat masa kehamilan.
  • Pilih bra yang sesuai dengan ukuran payudara Anda supaya payudara dapat ditopang dengan baik.
  • Ketika Anda tidur, pilihlah bra yang terbuat dari katun. Bra ini sangat cocok untuk ibu hamil dan dapat meredakan rasa nyeri saat Anda sedang tidur.

Bisa dibilang, payudara sakit saat hamil merupakan kondisi yang cukup wajar. Ini karena kondisi tersebut merupakan tanda bahwa Anda sedang mengandung bayi.

Selain rasa nyeri pada payudara, ada sejumlah gejala lain yang akan Anda rasakan. Terkadang, payudara juga bisa membengkak dan terasa seperti kesemutan. Ketika berhubungan intim pun, umumnya Anda akan merasa bahwa payudara Anda berdenyut. Hal ini terjadi karena derasnya aliran darah yang mengalir ke payudara Anda.

Umumnya payudara sakit saat hamil ini terjadi saat kehamilan berusia 4 hingga 6 minggu. Rasa nyeri ini akan berlangsung selama trimester pertama kehamilan.

Memasuki trimester kedua kehamilan, jumlah produksi hormon penyebab rasa nyeri di payudara Anda tak lagi pesat seperti di trimester pertama. Namun, rasa nyeri pada payudara sendiri terkadang masih terasa di trimeseter kedua ini.