Payudara Nyeri Saat Menstruasi? Redakan Dengan Cara Ini

Payudara Nyeri Saat Menstruasi? Redakan Dengan Cara Ini - Payudarakusehat.com,- Sebagai seorang wanita, tentunya Anda pernah merasakan rasa sakit yang tiba-tiba muncul di payudara Anda. Bisa dibilang, kondisi ini cukup umum dan sering dirasakan oleh wanita, terutama menjelang atau saat menstruasi.

payudara nyeri saat menstruasi

Payudara Nyeri Saat Menstruasi Bisa Diatasi Dengan Tips Dibawah Ini

Rasa nyeri dan ngilu yang disertai dengan kondisi payudara yang mengeras ini disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen dalam tubuh wanita. Lonjakan hormon estrogen ini pun terjadi tepat sebelum masa ovulasi sehingga membuat saluran payudara membesar. Selain itu seminggu sebelum menstruasi, hormon lain, yaitu progesteron akan merangsang pertumbuhan dari kelenjar susu.

Efek dari kedua hal tersebut membuat payudara terasa nyeri saat menstruasi. Selain itu, seperti yang disebutkan di atas, payudara juga akan mengalami pembengkakan dan rasa sakit. Kondisi ini pun bisa terjadi sebelum masa haid. 

Selain area payudara yang menjadi sangat sensitif, rasa sakit juga umumnya dirasakan di bagian ketiak. Ini karena diarea tersebut memang terdapat sejumlah jaringan yang terhubung ke payudara.

Payudara nyeri saat menstruasi sendiri sebenarnya merupakan kondisi yang normal. Rasa sakitnya pun umumnya akan hilang dengan sendirinya. Namun jika Anda masih merasakan rasa nyeri dalam jangka waktu yang cukup lama, maka segeralah hubungi dokter. Terutama jika rasa sakit tersebut semakin memburuk.

Jika Anda terganggu dengan kondisi ini, maka ada sejumlah cara yang dapat Anda gunakan untuk meringankan rasa nyerinya. Misalnya saja seperti menggunakan bra yang nyaman dan berolah raga secara teratur.

Selain itu, Anda juga sebaiknya mengurangi konsumsi makanan yang berlemak, garam dan minuman yang banyak mengandung kafein sebelum periode haid.

Mengonsumsi makanan-makanan sehat yang banyak mengandung vitamin B6 dan Vitamin E sangat dianjurkan jika Anda ingin meredakan rasa nyeri saat haid. Selain itu, Anda juga dapat melakukan akupuntur.

Tetapi untuk urusan payudara nyeri saat menstruasi sendiri, salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meredakan rasa nyeri adalah dengan memijat payudara. Cara ini terbilang cukup mudah dan efektif.

Anda pun dapat menggunakan minyak seperti minyal telon, minyak zaitun dan minyak aromaterapi. Ketika memijat payudara, cobalah lakukan pijatan dengan gerakan memijat yang melingkar dari luar ke dalam.

Jika payudara Anda terasa nyeri saat melakukan pijatan tersebut, maka perlambatlah gerakan tangan Anda dan kurangi tekanannya. Jangan lupa, hindarilah memijat bagian puting. Ini karena area tersebut akan terasa sangat sensitif dan nyeri ketika menstruasi.

Dengan memijat payudara, Anda tidak hanya dapat meredakan rasa nyeri dibagian payudara, tetapi juga gejala depresi yang umum dirasakan saat PMS. Selain itu, pijatan pada payudara juga mendorong sirkulasi getah bening dan mampu mengurangi retensi cairan.

Selain memijat payudara secara tertatur, Anda juga harus minum banyak air. Hal ini sangat penting karena dapat membantu tubuh untuk membuang kelebihan racun dan cairan yang ada di dalam tubuh Anda.