Payudara Kendur Setelah Melahirkan? Begini Cara Mengatasinya

Payudara Kendur Setelah Melahirkan? Atasi Dengan Cara Ini - Payudarakusehat.com,- Umumnya setelah melahirkan, payudara wanita memang akan mengendur sehingga membuat para wanita merasa tidak percaya diri. Payudara kendur setelah melahirkan ini pun membuat banyak ibu mengeluhkan kondisi tesebut. Salah satu alasanya adalah karena payudara mereka tidak lagi kencang seperti sebelumnya.

payudara kendur setelah melahirkan

Payudara Kendur Setelah Melahirkan Begini Cara Mengatasinya

Namun para ibu yang ingin memiliki payudara yang tetap cantik setelah menyusui sebenarnya tidak perlu merasa khawatir karena meski akitvitas menyusui bayi dapat membuat bagian payudara mengalami perubahaan, Anda masih tetap dapat mengembalikan bentuk payudara menjadi kencang kembali seperti sebelumnya. Untuk membuat payudara kendur setelah melahirkan kencang kembali, Anda dapat mengikuti cara-cara berikut.

Konsumsi makanan kaya lemak jenuh

Umumnya setelah melahirkan dan menyusui, para ibu akan mengurangi asupan lemak jenuh. Cara ini mungkin cukup efektif dalam menurunkan berat badan pasca kehamilan. Namun jika Anda ingin payudara Anda tetap kencang, maka ada baiknya Anda tidak melakukan cara tersebut.

Mengurangi asupan lemak jenuh dapat menyebabkan kerusakan kulit, termasuk kulit di bagian payudara sehingga payudara pun akan lebih mudah kehilangan bentuk dan elastisitasnya akibat peregangan yang terjadi saat menyusui.

Lemak jenuh sendiri sangat diperlukan untuk menjaga bentuk payudara. Ini karena membran sel payudara memang terdiri dari lemak jenuh. Selain itu, lemak jenuh juga memiliki manfaat lain, yaitu membantu mencegah timbulnya stretc mark pada wanita setelah melahirkan.

Oleh sebab itulah, jika tidak ingin memiliki payudara kendur setelah melahirkan, maka ada baiknya Anda tidak menghindari makanan-makanan yang kaya akan lemak jenuh seperti daging, telur dan produk susu. Makanan-makanan tersebut dapat memberikan nustrisi yang tepat untuk tubuh sekaligus mampu mengembalikan elastisitas kulit payudara.

Menyapih bayi pada saat yang tepat

Untuk menghindari payudara kendur setelah melahirkan, sebaiknya Anda jangan berhenti menyusui bayi Anda secara tiba-tiba. Sapihlah ketika bayi siap. Anda bisa mulai menyapih bayi ketika usianya mencapai tujuh hingga delapan bulan dimana pada usia tersebut, bayi mampu beradaptasi dengan makanan semi padat. Selain itu pada usia tersebut, frekuensi menyusui juga sudah menurun. Meski demikian, sesuai dengan pedoman WHO, para ibu masih dapat menyusui bayinya hingga 2 tahun.

Jadi jika Anda ingin mengusui bayi Anda dan menghindari payudara kendur setelah melahirkan, maka Anda bisa mengurangi aktivitas menyusui bayi saat ingin menyapih. Ketika anak telah memiliki pola makan yang baik dan sehat, Anda pun bisa membatasi aktivitas menyusui menjadi sekali sehari. Secara bertahap, Anda  dapat menyapih bayi ketika usianya mencapai dua tahun.

Memegang payudara ketika menyusui

Payudara kendur setelah melahirkan juga bisa dihindari dengan cara memegang payudara saat menyusui bayi. Dengan melakukan hal ini, jaringan payudara pun tidak akan rusak.