Kanker Payudara Stadium 1 Inilah Gejala Yang Dialami

Kanker Payudara Stadium 1 Gejala Yang Dialami - Payudarakusehat.com,- Bagi wanita, kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang sangat menakutkan. Hal ini tidak mengherankan mengingat kanker jenis ini lebih banyak menyerang wanita dibanding pria.

Ada sejumlah faktor yang dipercaya mampu membuat seseorang lebih rentan terserang kanker ini, seperti faktor hormonal, lingkungan dan gaya hidup. Namun pada sejumlah kasus, kanker payudara juga terjadi pada wanita yang menerapkan pola hidup sehat.

Kanker payudara sendiri terjadi ketika sel kanker berkembang secara tidak terkendali dan menyerang jaringan payudara seperti lobulus (pabrik penghasil air susu) dan saluran keluar air susu.

kanker payudara stadium 1

Kanker Payudara Stadium 1 Gejala Yang Dialami

Kanker payudara tahap awal dikenal dengan nama kanker payudara stadium 1. Pada tahap ini, akan timbul benjolan yang berukuran 2 cm pada payudara penderita. Benjolan tersebut masih belum menyebar hingga ke kelenjar getah bening yang terdapat dibagian ketiak.

Kanker payudara stadium 1 sendiri memiliki ciri-ciri yang dapat dikenali dengan mudah, seperti :

  • Muncul benjolan di payudara

Kanker payudara akan ditandai dengan munculnya benjolan yang terdapat di dalam payudara. Umumnya benjolan ini akan membesar saat menstruasi sehingga Anda dapat merabanya.

  • Terjadi perubahan warna pada kulit payudara

Perubahan warna yang terjadi di kulit payudara memang dapat disebabkan oleh infeksi. Tetapi jika kondisi ini disertai dengan gejala lain, seperti timbulnya benjolan pada payudara, maka kemungkinan besar kondisi tersebut merupakan tanda awal dari kanker payudara stadium 1.

Pada kanker payudara stadium 1, kulit payudara akan berubah menjadi kemerahan, persis seperti mengalami iritasi. Selai itu, permukaan kulit payudara yang terserang kanker juga akan terlihat berlekuk-lekuk. Saat di sentuh, teksturnya akan terasa seperti tekstur kulit jeruk.

  • Puting terasa sakit

Perubahan juga akan terjadi pada puting penderita. Umumnya perubahan ini akan disertai dengan rasa nyeri. Selain itu, puting juga akan mengeluarkan cairan yang tidak normal.

  • Timbul benjolan di ketiak

Pada para penderita kanker payudara, ciri-ciri atau gejala-gejala yang ditimbulkan kanker tersebut tidak hanya dapat terlihat dibagian payudaranya saja, tetapi juga dibagian lain seperti di bawah ketiak.

Umumnya di bawah ketiak akan muncul benjolan yang diakibatkan oleh sel kanker yang telah meluas hingga ke bagian tersebut.

Itulah beberapa gejala dari kanker payudara stadium 1. Gejala-gejala tersebut dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan payudara yang dilakukan sendiri.

Ada baiknya Anda  melakukan pemeriksaan secara rutin setiap bulannya. Ini karena kanker payudara sendiri merupakan jenis kanker yang cukup berbahaya dan tidak kalah mematikan dari kanker serviks.

Dengan melakukan pemeriksaan setiap bulan, maka kita dapat mendeteksi kanker ini sedini mungkin. Ini sangat penting untuk dilakukan karena sama seperti jenis kanker lain, kanker payudara juga memiliki kemungkinan untuk sembuh yang lebih tinggi jika diobati di tahap awal.