Jenis-Jenis Operasi Kanker Payudara Stadium Awal - Akhir

Jenis-jenis Operasi Kanker Payudara - Payudarakusehat.com,- Proses pengobatan kanker payudara akan ditentukan berdasarkan sejumlah faktor seperti tingkat perkembangan kanker, masa menopause, kondisi kesehatan penderita dan stadium kanker.

Umumnya kanker payudara yang berhasil dideteksi melalui pemeriksaan rutin adalah kanker payudara yang masih termasuk ke dalam kanker stadium awal. Umumnya pada kondisi ini, kanker dapat diobati secara lebih mudah. Selain itu, para penderita pun memiliki kesempatan yang cukup tinggi untuk sembuh total.

jenis-jenis operasi kanker payduara

Jenis-jenis Operasi Kanker Payudara

Sementara itu, kanker payudara yang terdeteksi dari gejala fisik yang ditimbulkan kanker tersebut kemungkinan telah mencapai stadium lanjut. Jika kanker baru terdeteksi setelah menyebar ke bagian tubuh lain, maka hal ini sudah terbilang cukup terlambat dan tidak bisa disembuhkan. Tentu saja pada kondisi ini, jenis pengobatan yang akan dianjurkan oleh dokter akan berbeda dan memiliki tujuan yang berbeda pula, yaitu meringankan beban penderita yang diakibatkan oleh kanker payudara.

Umumnya dokter akan menawarkan operasi sebagai metode pengobatan untuk kanker payudara. Operasi kanker payudara sendiri cukup bervariasi dan tergantung dari jenis kanker payudara yang diderita oleh pasien. Selain itu, untuk beberapa kasus kanker payudara, operasi juga akan disertai dengan perawatan biologis, kemoterapi atau radioterapi.

Secara umum, operasi untuk mengobati kanker payudara terbagi ke dalam dua jenis, yaitu :

  1. Lumpektomi yang berfungsi untuk mengangat tumor
  2. Mastektomi yang berfungsi untuk mengangat payudara

Pada kanker payudara stadium awal dapat digunakan kombinasi operasi pengangkatan tumor dan radioterapi. Tingkat kesuksesan dari pengobatan tersebut sama dengan operasi mastektomi total.

Lumpektomi

Lumpektomi atau operasi pengangkatan tumor akan dianjurkan pada pasien yang memiliki tumor dengan ukuran yang kecil. Pada operasi ini, pengangkatan tumor akan disertai dengan pengangkatan sedikit jaringan sehat yang ada disekitarnya.

Ada sejumlah pertimbangan dalam menentukan jumlah jaringan payudara yang harus di angkat, seperti  jenis, ukuran dan lokasi tumor, ukuran payudara serta kuantitas jaringan yang terdapat di sekitar tumor.

Pada operasi ini, bentuk payudara pasien akan tetap dibiarkan seutuh mungkin.

Mastektomi

Mastektomi merupakan operasi yang dilakukan untuk mengangkat seluruh jaringan payudara. Jika tidak terdapat indikasi penyebaran kanker pada kelenjar getah bening, maka operasi mastektomi sendiri dapat dilakukan bersamaan dengan biopsi nodus limfa sentinel.  Tetapi jika telah menyebar ke kelenjar getah bening yang terdapat di ketiak, maka dianjurkan untuk menjalani pengangkatan kelenjar tersebut.

Setelah melakukan operasi mastektomi, umunya dapat langsung dilakukan operasi plastik rekonstruksi yang bisa membuat payudara baru tampak mirip dengan payudara satunya yang tidak terserang kanker.   

Operasi Plastik Rekonstruksi

Operasi plastik rekonstruksi sendiri dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama adalah operasi rekonstruksi langsung yang dilakukan secara bersamaan dengan mastektomi. Sementara cara kedua atau operasi rekonstruksi berkala dilakukan beberapa waktu setelah operasi mastektomi.