Bahaya Operasi Payudara - Resiko Yang Harus Anda Tempuh

Bahaya Operasi Payudara Resiko Yang Harus Dijalani - Payudarakusehat.com,- Dengan melakukan operasi payudara, para wanita bisa mendapatkan payudara yang lebih berisi dan lebih besar. Umumnya operasi ini dilakukan setelah mastektomi atau operasi pengangkatan payudara pada penderita kanker payudara. Namun operasi payudara sendiri juga sering dilakukan oleh para wanita yang tidak percaya diri dengan ukuran payudara mereka. Tujuannya, tentu saja untuk membuat payudara mereka lebih besar, lebih berisi dan lebih menarik.

bahaya operasi payudara

Bahaya Operasi Payudara dan Resikonya

Operasi payudara sendiri mungkin bisa memberikan apa yang kebanyakan wanita inginkan, yaitu payudara yang lebih besar dan berisi. Namun biaya untuk operasi ini bisa dibilang tidak sedikit. Di Indonesia sendiri, mereka yang ingin melakukan operasi ini minimal harus mengeluar dana sebesar Rp 20 jutaan.

Selan biaya yang terbilang mahal, bahaya operasi payudara juga terbilang sangat tinggi sehingga tidak semua wanita dapat melakukan operasi ini. Bahkan dokter pun mengeluarkan aturan bahwa mereka yang ingin melakukan operasi payudara harus berusia di atas 18 tahun. Selain itu, wanita tersebut juga harus sehat secara fisik dengan payudara yang telah selesai tumbuh.

Memilih Dokter Bedah Plastik

Jika Anda tertarik untuk memperbaiki kondisi payudara Anda yang kehilangan bentuk dan volumenya karena hal-hal tertentu atau kurang percaya diri dengan bentuk payudara yang tidak menonjol, operasi payudara bisa menjadi piliihan utama.

Namun sebelum melakukan operasi tersebut, ada baiknya Anda memilih dokter bedah yang tepat. Pilihlan dokter bedah yang telah memiliki pengalaman selama 5 tahun dalam pelatihan pembedahan dan 2 tahun dalam operasi plastik. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi resiko terkena komplikasi.

Operasinya sendiri akan berjalan sekitar 1-2 jam. Nantinya dokter akan menggunakan anestesi umum untuk membius Anda sehingga Anda akan tertidur selama operasi pembesaran payudara. Anda pun tidak akan merasakan rasa sakit sama sekali. Setelah operasi payudara, biasanya Anda bisa tinggal semalam di rumah sakit. Namun terkadang pasien juga bisa langsung pulang kerumah. Tetapi selama beberapa hari ke depan Anda dianjurkan untuk tidak melakukan kegiatan yang terlalu berat.

Inilah Bahaya Operasi Payudara :

Sebelum melakukan operasi payudara, ada baiknya Anda memahami resiko dan bahaya operasi payudara, seperti :

  • Timbulnya bekas luka
  • Dapat menimbulkan pendarahan atau infeksi
  • Terjadi kerusakan saraf di payudara
  • Rusaknya pembuluh darah di sekitar payudara
  • Dapat memicu munculnya kanker payu-paru, kanker perut dan sejumlah kanker lain

.Anda masih dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Namun Anda sebaiknya tidak  mengangkat barang-barang berat selama 6 minggu setelah operasi. Untuk meredakan rasa sakit akibat operasi payudara, Anda dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit. Terkadang dokter juga akan memberikan sejumlah obat resep untuk meredakan kondisi tersebut. Tidak perlu khawatir saat terjadi bengkak di aera bekas operasi. Umumnya bengkak tersebut akan hilang bersama dengan luka bekas operasi.