Bahaya Implan Payudara - Jenis-jenis Implan Payudara

Bahaya Implan Payudara Yang Harus Dipertimbangkan - Payudarakusehat.com,- Bagi wanita, payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang istimewa. Bisa dibilang, bagian ini memang membuat wanita tampak menarik. Namun dengan bertambahnya usia, payudara wanita juga akan mengalami perubahan bentuk sehingga secara perlahan tampak tidak menarik lagi.

Kondisi ini pun membuat banyak wanita tertarik untuk melakukan operasi implan payudara. Dengan operasi tersebut, wanita bisa mendapatkan bentuk payudaranya kembali. Selain itu, dengan implan payudara, wanita juga akan mendapatkan payudara yang lebih besar dan berisi.

bahaya implan payudara

Bahaya Implan Payudara dan Jenis-jenis Implan Payudara

Sebelum kita bahas lengkap mengenai bahaya implan payudara mari kira kenali jenis implan payudara. Terdapat dua jenis implan payudara yang dapat digunakan untuk memperbaiki kondisi payudara. Kedua implan tersebut adalah saline dan silikon.

Implan saline dan implan silikon sendiri sama-sama menggunakan kantung silikon. Hanya saja isinya berbeda. Implan saline berisi air garam steril atau saline sementara implan silikon berisi silikon.

Baik Implan saline maupun implan silikon sama-sama hanya boleh ditanam di dalam payudara selama 10 hingga 15 tahun. Implan pun harus segera diganti sebelum melewati masa kadaluarsanya. 

Biasanya para wanita lebih tertarik untuk menggunakan implan silikon. Ini karena implan silikon menawarkan hasil yang lebih mirip payudara sungguhan. Tetapi jika Anda tertarik dengan implan jenis ini, ada baiknya Anda pikirkan kembali niat Anda untuk menggunakann implan silikon. Ini karena implan tersebut memiliki risiko yang tinggi. Kondisi yang buruk pun akan menimpa payudara Anda jika implan yang ditanam pecah atau bocor.

implan silikon memang cukup berbahaya. Bahkan saking berbahayanya, penjualan implan silikon pun sempat dihentikan oleh Food and Drug Administration (FDA) pada tahun 1992 lalu. Baru di tahun 2006 dimana telah dilakukan banyak sekali penelitian, Food and Drug Administration akhirnya menyetujui kembali penjualan implan silikon di pasaran.

Jika Anda tertarik dengan implan payudara, maka Anda harus menyiapkan dana yang cukup banyak. Pasalnya, biaya implan payudara sendiri terbilang cukup besar dan bervariasi, tergantung dari jenis implan yang digunakan, lokasi dimana implan tersebut akan ditanam dan dokter yang akan melakukan operasi.

Berikut Adalah Bahaya Implan Payudara :

Operasi pembesaran payudara dengan menggunakan implan terbilang sangat beresiko. Oleh sebab itulah, sebelum melakukan operasi, ada baiknya Anda mengetahui risiko dan bahaya implan payudara, seperti :

  • Terjadi penyusutan jaringan luka yang terdapat di sekitar implan
  • Implan bocor atau pecah. Kodisi ini akan menyebabkan timbulnya gejala lain seperti mual dan pusing.
  • Kerusakan saraf payudara
  • Rasa sakit di bagian payudara
  • Infeksi
  • Perubahan sensitivitas pada puting dan payudara

Biaya minimal yang harus Anda persiapkan adalah Rp 20 juta. Tentu saja, kemungkinan besar biaya yang harus dikeluarkan bisa lebih tinggi lagi. Selain dana, usia juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, Anda yang ingin melakukan operasi pembesaran payudara dengan menggunakan implan saline minimal harus berusia 18 tahun. Sementara itu Anda yang tertarik menggunakan implan silikon harus berusia 22 tahun ke atas. Itulah informasi mengenai bahaya implan payudara yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.